Langkah Mengecek AC Mobil Sendiri


Tips & jalan mengecek di sistem ac mobil, Servis Ac mobil sendiri, bisakah servis ac mobil seorang diri, mungkin itu adalah pertanyaan yang gaib jika kalian serba ingin tahu secara apa yang kita miliki seperti keadaan ac mobil kita satu diantara contohnya.

Untuk yang tidak target repot sebab sibuk dengan kegiatan, aktifitas lain yang jauh kian penting, pasti lah tips pelayanan ac mobil sendiri itu tidak bermanfaat karena lebih baik mempercayakan kepada studio services ac.

Di dalam orde ac mobil merupakan jilid beberapa parts, peralatan / komponen yang bekerja dengan demikian kita siap mengatur suhu kabin serta menghasilkan udara dingin pada kabin mobil.

Tips Investigasi atau Service Ac Mobil

Berikut adalah tips pengamatan, pengecekan / servis ac mobil dengan menyeluruh tentang semua segi ac mobil.
1. Jalan Periksa Keadaan Kerja Kompressor AC Mobil
Kompressor ac mobil terputus menjadi 2 komponen tertinggi yaitu kompressor dan magnetic clutch. Usut kondisi Kompresor ac
Untuk kompressor ac beberapa point yang demi di lakukan inspeksi adalah periksa keadaan fisik, apakah terdapat oli yang menumpang pada sekat kompressor, kalau ya berguna terjadi kebocoran pada kompressor, tetapi pula perlu untuk mencari mengetahui dari mana datangnya oli apakah dari kompresor ataukah dari perabot.

Bagian unit dari kompressor ac yang biasa sebagai penyebab bocor freon yang bercampur secara oli antaralain pada packing antara garis depan cover serta back cover, sambungan pembuluh ac di kompressor elok pipa low maupun corong high, reliev valve ataupun seal shaft compressor.

Sedangkan pemeriksaan kerja kompressor ac dalam memompa refrigerant dapat dilihat secara menggunakan manometer gauge ac mobil.

dua. Cara Kontrol Magnetic Clutch atau Kopling Magnet
Kopling magnet saat kompresor ac mobil beroperasi untuk mengubungkan putaran jentera melalui puli kompressor. Saat gambar kompresor ac mobil di untuk terdapat puli, armature assembly atau center piece beserta terdapat ikatan spull dalam puli, dengan bersama di sebut guna magnetic clutch assy atau kopling magnet ac mobil. Lihat juga test tingkah laku magnetic clutch..

Pemeriksaan untuk kopling magnet ini siap dilihat secara fisik diantaranya armature assembly atau center piece terpesona oleh magnet ketika ac hidup, perhatikan gerakan tatkala terhubung apakah langsung terhubung atau selip terlebih lalu. Perhatikan juga bunyi saat terhubung apakah terdengar muluk atau lemah.

Kalau saat terhubung terkuak bunyi lebat (hujan) besi bertumpu besi berati telah berlangsung keausan rataan armatur assembly dengan rataan puli, / terdapat jurang atau ompong yang terlalu jauh (lihat gambar kompresor diatas). Dan akibat daripada jarak yang terlalu senggang akan menuntun akibat kadang terhubung serta kadang gak terhubung paling utama jika temperatur kompresor sudah panas, sebab kemampuan magnet untuk mempesona center piece berkurang saat panas.

Dan hal itu kita akan merasakan ac kadang mati dan ac kadang hidup sebagai akibat celah renggangan center piece dan segi puli yang terlalu suntuk. Jarak rumpang puli & center piece yang bagus berada diantara 0, 25mm sampai 0, 5mm.

Jarak atau kesempatan center piece dengan parasan puli kompresor diatur sambil ketebalan ring plat yang digunakan rumpang center piece dengan shaft atau usa kompressor. Berubahnya jarak tersebut biasanya karena memang sudah biasa waktunya penggantian spare part ac itu.

Hal diatas disebabkan sebab pada saat ac mobil dihidupkan tempat center piece yang diam secara seketika terhubung beserta permukaan puly yang bersirkulasi terus-menerus. & ini tercipta setiap ac mobil on dan off, tentu saja ditemui masa pakainya.

Jarak renggangan puli serta center piece yang terlalu jauh dengan tanda bunyi keras ketika center piece terhubung di dalam beberapa titel kompressor ac juga mengundang armature assembly bisa usai pada piringan pegas, disamping itu bila jarak terlalu jauh peluang kemagnetan atas magnetic clutch tidak dapat menarik center piece ketika kondisi genting.

3. Investigasi Kondensor AC
Secara rangka pemeriksaan kondensor ac sanggup di lakukan dengan memandang sirip-sirip di kondensor apakah ada terjumpa basah oli ac yang menandakan ada kebocoran dalam kondensor bersama periksa apakah ada terlihat sirip tertekuk atau kotoran yang merampas pendinginan kondensor.

4. Kontrol Pipa-Pipa AC dan Slang Flexible
Kontrol pipa ac baik corong flexible ataupun pipa aluminium dari nampaknya bocor / pun probabilitas bergesekan secara bagian mobil yang lain, yang bisa sebagai penyebab terjadinya kebocoran.

Periksa atau melihat sambungan-sambungan mulai kemungkinan bocor yang ditandai dengan tampil basah oleh oli ac pada terusan pipa ac tersebut.

Usut juga Service Valve dari kebocoran yang mungkin tercipta, hal yang serupa juga siap di amati jika terjadi bocor di dalam service valve akan terlihat basah secara bekas oli di sekitar servis valve (pentil di dalam pipa ac untuk mengisi dan menghilangkan freon) tersebut.

5. Pemeriksaan Receiver Drier
Receiver drier ini berfungsi untuk menyortir kotoran supaya tidak sunyi ke klep expansi, untuk ac mobil dengan jenis receiver drier yang terbelah dari kondensor dilengkapi secara sight glass dan pressure switch.

Untuk pemeriksaan receiver drier tipe terpisah beserta kondensor yang kebanyakan bertipe T ataupun tipe L, periksa juga dari nampaknya bekas oli ac pada sekitar sambungan IN dan OUT karena pada bagian berikut sering pula terjadi kebocoran freon atau oli ac karena sil yang mengeras atau pun sambungan saluran ac yang terhubung tenang keras.

Kudu dilihat pun kondisi freon melalui sight glass yang terdapat di atas receiver drier apakah sight glass terlihat terang atau hitam, jika terlihat kehitaman pertimbangkan untuk penggantian receiver drier dan usut ac mobil secara totalitas ke bengkel servis ac mobil.

Untuk kabel pressure switch selidik kondisi soket serta kabel yang terhubung apakah turun dalam kondisi terhubung secara baik ataupun tidak.

6. Pemeriksaan di Expansi Valve
Untuk ekpansi Valve / katup expansi pada ac mobil terdapat beberapa species, jenis expansi valve yang bisa aku periksa kondisinya dari luar adalah klep expansi yang bebentuk tempat.

CARI TEMPAT AKSESORIS MOBIL HYUNDAI Walaupun expansi berbentuk tempat ini pun ada pun yang pada tempatkan di dalam rumah evaporator, tergantung konstruksi evaporator. Tiruan pada paling banyak mobil atas Toyota ekspansi Valve berikut bisa ditinjau dari luar, bersama mudah untuk bongkar perangkat tanpa mengawali Evaporator.

Serta untuk pengecekan secara mudah adalah dengan melihat penetapan secara fisik apakah tersembunyi bekas oli ac yang berada pada sekitar lidah expansi ini yang mengartikan telah terjadi bocor pada seal terusan pipa ac.

Sedangkan type katup expansi yang terletak di dalam graha evaporator, aku tidak bisa melihat ondisi secara rangka, tetapi bisa di langut kerja nya dari tekanan yang di ukur, untuk yang ini mungkin semua orang bukan bisa tahu kondisinya kecuali teknisi.

7. Pemeriksaan Evaporator
Pemeriksaan ataupun pengecekan secara cara mudah kondisi Evaporator bisa dijalani dengan mereguk hembusan bayu melalui grill ac.

Kalau terasa udara kurang liat dan jejak yang dikarenakan nya adalah ac sedikit dingin ataupun terkadang bayu tidak keluar untuk kira-kira tipe ac mobil, tiada salahnya berbuat pembersihan evaporator karena kotor.

8. Pemeriksaan Blower
Pengecekan blower berdasar pada mudah pula bisa dilakukan dengan mendengarkan putaran blower apakah terdengar kasar ataukah terdapat suara-suara lain dari blower. Semisal adalah ditemui dedaunan kering yang menyerap ke blower ataupun ijtihad blower yang disebabkan sebab bushing perencana blower yang sudah buruk. Sehingga saat ac hidup terdengar bunyi yang muluk dari perencana blower tersebut.

9. Pemeriksaan Fan Kondensor
Fan kondensor atau pula biar yang menjadi satu dengan fan radiator perlu aku periksa pula kecepatan hembusan angin, arah hembusan bayu serta ihwal soket kenur pada fan condensor tersebut. Untuk hal ini apabila fan condensor mati saat beberapa macam mobil sebagai penyebab naiknya temperatur perabot ketika ac dihidupkan.

10. Pemeriksaan Drive Belt
Drive belt di dalam ac mobil menghubungkan sempang puli kompressor ac secara puli cranksaft mesin. Pengecekan bisa dilakukan dengan melihat kondisi apakah terlihat retak-retak atau tetap baik, bila terlihat bertas, langkah baiknya adalah pada ganti, menyingkir putus dalam tengah urut-urutan. Karena drive belt ac mobil ini pada beberapa merek dan tipe mobil menyatu beserta putaran water pump beserta Alternator. Bahwa putus pada tengah sendi tidak aja ac mobil yang tidak dingin, tetapi pendinginan mesin & pengisian inyik dari Alternator juga tidak bekerja.

11. Pemeriksaan Jumlah Freon Di dalam AC Mobil
Pemeriksaan nominal freon atau cara mencocokkan freon dalam ac mobil bisa dalam lakukan secara manual menjalani sight glass yang terdapat pada receiver drier, jika sistem ac menggunakan receiver drier yang menjadi wahid dengan kondensor, maka sight glass itu terletak di saluran corong tekanan menjulung.

1. Hidupkan mesin mobil, jika terlihat gelembung warna putih saat idle kemudian berubah menjadi bersih saat dalam gas ihwal freon sedang.

2. Bahwa terlihat bergelembung warna putih baik saat perangkat idle atau saat perangkat di gas artinya freon kurang, freon kurang tersebut terdapat 2 kemungkinan yakni memang freon kurang atau freon bukan bisa masuk lebih banyak karena di dalam koordinasi terlalu penuh oli.

3. Pada sight glass tampak bening baik saat idle atau tatkala mesin dalam gas berarti didalam koordinasi terlampau tidak sedikit freon.

Untuk mendapatkan kinerja pemeriksaan tuntutan freon yang benar & akurat pantas menggunakan manometer gauge sebagai alat jasa ac mobil atau jentera AC R3 untuk selidik jumlah freon yang ditemui pada komposisi ac.